Analisis SWOT dari Harley Davidson
A. Strengths
:
·
Satu – satunya produsen sepeda motor
besar di Amerika
·
Terkenal diberbagai negara
·
Memiliki merk yang kuat
·
Memiliki kekuatan finansial
·
Perusahaan yang dikagumi dan diakui di dunia
B. Weaknesses
:
·
Harga mahal
·
Pabrik perakitan hanya ada di Amerika
·
Memiliki persoalan dalam menanamkan
produknya di beberapa Negara Eropa dan Asia
·
Belum memasuki pangsa pasar di India
C. Opportunities :
·
Besarnya Pangsa pasar Internasional
·
Tingginya Permintaan Harley
Davidson pangsa pasar Internasionaldi
Eropa
·
Peningkatan permintaan Harley Davidson
di dalam negeri
·
Perluasan segmen pasar
D. Threat
:
·
Peningkatan standar kendaraan
·
Semakin tingginya peraturan tentang
perlindungan lingkungan
·
Pembatasan masuknya produk ke suatu
Negara
·
Dalam pangsa pasar internasional, harga
menjadi lebih mahal
Analisis Strategi SWOT
A. SO
Strategies :
·
Memperbesar produksi ke asia (S2,O1)
·
Memperbesar produksi ke eropa (S2,O2)
·
Memproduksi jenis sepeda motor besar
yang disukai wanita dan yang disukai anak muda (S1,O4)
B. WO
Strategies :
·
Membuat pabrik perakitan di negara –
negara lain atau di luar amerika yang memiliki banyak permintaan (W2,O1)
·
Mencoba memperkenalkan produk di India
dan memasarkannya (W4,O1)
·
Meningkatkan pemasaran dan penjualan di
Eropa (W3,O2)
C. ST
Strategies :
·
Meningkatkan standar produksi dan
meningkatkan teknologi pada sepeda motor Harley Davidson (S4,T1,T2)
·
Membuat pabrik produksi di negara
tertentu yang memiliki permintaan yang cukup besar (S1,T3,T4)
D. WT
Strategies :
·
Membuat pabrik produksi baru di negara –
negara tertentu untuk menghindari harga yang mahal akibat impor (W1,W2,T4)
·
Meningkatkan standar produksi,
teknologi, serta pemasaran dan penjualan di negara – negara eropa (W3,T1,T2)
Analisis
Marketing Mix Harley Davidson
A. Product
·
Produk
utama adalah motor berat 750 cc untuk bekerja keluar di jalan-jalan yang berat.
·
Portofolio produk yang sangat kuat
·
Personalisasi produk benar – benar mengesankan
pelanggan
·
Produk teknologi tinggi yang membakar semangat
untuk bikers
B. Price
Poin penting untuk Harga dalam bauran pemasaran Harley Davidson :
·
Harga
premium Ultra untuk segmen sepeda motor
·
Harga
tinggi telah memberikan kontribusi sangat untuk posisi premium di benak
pelanggan.
C. Place
·
Distribusi
selektif
·
Sharoom
ditemukan di lokasi premium saja
D. Promotion
Promosi HD tidak terlalu gencar dilakukan. HD cukup
melakukan pameran untuk memperkenalkan produknya dan biasanya konsumen yang
langsung mencari produk HD walaupun tanpa promosi. Hal ini dikarenakan sangat
kuatnya Brand tersebut sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan penggemarnya
tersendiri.
Analisis Five Forces dari Harley-Davidson (Porter Model)
·
Ikhtisar:
Harley-Davidson Analisis Five Forces
Sebuah Analisis Five Forces of Harley-Davidson
membutuhkan pertimbangan untuk faktor eksternal di lingkungan industri sepeda
motor dan lingkungan industri otomotif pada umumnya. Perusahaan ini relatif
stabil dibandingkan dengan perusahaan lain. Berikut ini adalah intensitas atau
kekuatan dari Five Forces mempengaruhi Harley-Davidson:
1. Persaingan
kompetitif atau persaingan (gaya kuat)
2. Daya tawar
pembeli atau pelanggan (gaya kuat)
3. Daya tawar
pemasok (gaya lemah)
4. Ancaman
pengganti atau substitusi (kekuatan moderat)
5. Ancaman
pendatang baru atau entri baru (kekuatan moderat)
Rekomendasi : Berdasarkan Analisis Lima Kekuatan ini,
Harley-Davidson perlu fokus pada menangkal efek dari gaya kuat kompetisi dan
daya tawar yang kuat dari pelanggan. Misalnya, Harley-Davidson dapat meningkatkan
upaya pengembangan produk, bersama dengan investasi dalam inovasi teknologi.
Faktor-faktor eksternal di lingkungan industri sepeda motor juga menunjukkan
efek terbatas tapi signifikan dari ancaman substitusi dan ancaman pendatang
baru. Harley-Davidson dapat mengatasi masalah ini melalui aliansi strategis,
penetrasi pasar, dan ekspansi global.
·
Rivalitas
kompetitif atau Kompetisi terhadap Harley-Davidson (Angkatan Kuat)
Kinerja Harley-Davidson merespon kompetisi. Ini bagian
dari Analisis Lima Kekuatan mengidentifikasi dampak perusahaan lain di industri
sepeda motor dan lingkungan industri otomotif. Dalam hal Harley-Davidson,
berikut ini adalah faktor eksternal yang membuat gaya kuat dari persaingan
kompetitif:
• Tingginya
jumlah perusahaan (kekuatan yang kuat)
• ketersediaan
tinggi pengganti (gaya kuat)
• Moderat
berbagai perusahaan (kekuatan moderat)
Harley-Davidson bersaing dengan sejumlah cukup besar
perusahaan, termasuk yang kecil di pasar lokal. Juga, perusahaan menghadapi
pengganti yang efektif, seperti mobil pribadi dan angkutan umum. Moderat
berbagai perusahaan mengarah ke persaingan yang cukup, sebagai nilai pelanggan
fitur produk dan keunikan. Berdasarkan faktor-faktor eksternal di bagian
Analisis Lima Kekuatan, Harley-Davidson harus mempertahankan daya saing,
terutama dalam hal kualitas produk, untuk melindungi bisnis dari perusahaan
lain.
·
Bargaining
Power of Pelanggan Harley-Davidson / pembeli (Angkatan Kuat)
Pelanggan merupakan faktor dalam kinerja bisnis
Harley-Davidson. Ini bagian dari Analisis Lima Kekuatan menguraikan faktor
eksternal yang memungkinkan konsumen atau pembeli dalam mempengaruhi lingkungan
industri sepeda motor. Berikut faktor eksternal berkontribusi pada daya tawar
yang kuat dari pelanggan Harley-Davidson:
• ketersediaan
tinggi pengganti (gaya kuat)
• kualitas
tinggi informasi (gaya kuat)
• Sedang biaya
switching (kekuatan moderat)
Akses mudah ke pengganti membebankan kekuatan yang kuat
terhadap Harley-Davidson. Sehubungan, faktor eksternal beralih biaya moderat
memungkinkan pelanggan untuk menjauh dari Harley-Davidson dan menggunakan
pengganti dan produk lain sebagai gantinya. Juga, perusahaan di industri sepeda
motor dan industri otomotif sekarang menyediakan informasi yang berkualitas
tinggi kepada pelanggan untuk memberdayakan mereka dalam membuat keputusan
pembelian yang lebih baik. Dalam hal ini bagian dari Five Forces Analysis, itu
menunjukkan bahwa pelanggan adalah kekuatan utama di lingkungan industri
Harley-Davidson.
·
Bargaining
Power of Suppliers Harley-Davidson (Lemah Force)
Pemasok mempengaruhi Harley-Davidson dalam hal kecukupan
bahan yang digunakan untuk bisnisnya. Ini bagian dari Analisis Lima Kekuatan
menangani bagaimana pemasok mempengaruhi lingkungan industri sepeda motor.
Dalam hal Harley-Davidson, faktor-faktor eksternal berikut membuat daya tawar
yang lemah dari pemasok:
• Rendah
integrasi ke depan (gaya lemah)
•
stabilitas
pasokan tinggi (gaya lemah)
• ukuran moderat
pemasok (kekuatan moderat)
Pemasok Harley-Davidson lemah karena mereka memiliki
minimal integrasi ke depan. Ini berarti bahwa pemasok memiliki kontrol yang
rendah pada distribusi dan penjualan produk mereka ke perusahaan seperti
Harley-Davidson. Juga, karena stabilitas tinggi pasokan, pemasok individu
memiliki leverage yang rendah dalam memaksakan tuntutan mereka pada
Harley-Davidson. Hanya ukuran moderat beberapa pemasok memungkinkan mereka
untuk memiliki efek moderat pada perusahaan. Berdasarkan faktor-faktor
eksternal di bagian Analisis Lima Kekuatan, Harley-Davidson dengan aman dapat
atribut prioritas rendah untuk daya tawar pemasok.
•
Ancaman
Pengganti atau Pergantian terhadap Harley-Davidson (Moderate Force)
Kinerja bisnis Harley-Davidson sebagian tergantung pada
efek pengganti pada perilaku pelanggan. Ini bagian dari Analisis Lima Kekuatan
menunjukkan bagaimana produk pengganti mempengaruhi lingkungan industri sepeda
motor. Berikut faktor-faktor eksternal menyebabkan ancaman moderat substitusi
terhadap Harley-Davidson:
• Sedang biaya
switching (kekuatan moderat)
• pengganti
berbagai moderat (kekuatan moderat)
• ketersediaan
tinggi pengganti (gaya kuat)
Ada banyak pengganti untuk produk Harley-Davidson.
Misalnya, mobil dan angkutan umum yang tersedia. Kondisi ini memberikan gaya kuat
pada Harley-Davidson. Namun, ancaman keseluruhan substitusi terhadap perusahaan
hanya moderat karena pelanggan yang benar-benar menjadi menggunakan sepeda
motor chopper cenderung mudah beralih dari Harley-Davidson untuk pengganti
tersebut. Juga, berbagai pengganti moderat membuat pengganti memiliki daya
tarik yang signifikan namun terbatas. Ini bagian dari Analisis Lima Kekuatan
menunjukkan bahwa Harley-Davidson harus mencakup kekuatan moderat ancaman
substitusi sebagai keprihatinan yang signifikan dalam perumusan strategis.
•
Ancaman
Siswa Baru atau Masuk New terhadap Harley-Davidson (Moderate Force)
Pendatang baru dapat mengurangi basis pelanggan
Harley-Davidson. Ini bagian dari Analisis Lima Kekuatan menentukan potensi
dampak perusahaan baru pada Harley-Davidson dan lingkungan industri sepeda
motor. Kekuatan moderat ancaman entri baru didasarkan pada faktor-faktor
eksternal berikut:
• ekonomi
moderat skala (kekuatan moderat)
• Sedang biaya
switching (kekuatan moderat)
• tingginya
biaya pengembangan merek (gaya lemah)
Perusahaan seperti Harley-Davidson manfaat dari ekonomi
moderat skala. Hanya beberapa pendatang baru dapat dengan mudah mencapai
manfaat yang sama. Juga, Harley-Davidson harus mempertimbangkan biaya beralih
moderat, yang berarti bahwa itu adalah cukup mudah bagi pelanggan untuk beralih
ke merek lain atau perusahaan. Namun, tingginya biaya pengembangan merek
mencegah banyak pendatang baru dari berhasil bersaing perusahaan seperti
Harley-Davidson. Seperti yang ditunjukkan di bagian Analisis Lima Kekuatan,
Harley-Davidson harus mengatasi ancaman pendatang baru sebagai masalah yang
cukup besar dalam lingkungan industri sepeda motor.
Analisis BCG dari Harkey
Davidson
A (Rendah)
|
B (Rendah)
|
Seperti mobil, industri Harley-Davidson membutuhkan
fasilitas manufaktur besar dan peralatan untuk masuk. Peserta baru
harus memiliki sejumlah besar modal mulai dalam industri ini. perusahaan
yang sudah mapan seperti Harley-Davidson, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha,
dan Ducati memiliki keuntungan dari pengakuan merek dari seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan
ini juga mendirikan loyalitas pelanggan, terutama Harley-Davidson. Ini berarti
bahwa setiap pendatang baru mencoba untuk memasuki industri harus
menghabiskan banyak uang dalam iklan dan promosi untuk menerima jumlah yang
sama dari pengakuan merek dan loyalitas pelanggan bahwa perusahaan-perusahaan
pembangkit tenaga listrik ini di industri ini sudah diperoleh. Dengan
kurangnya pengakuan merek dan loyalitas pelanggan, pengecer akan takut untuk
membawa produk tersebut karena risiko itu membawa jika tidak memberikan
keuntungan.
|
Sepeda motor dipandang sebagai produk rekreasi dan tidak
mengambil banyak dari pendapatan seseorang. Beberapa item pengganti sepeda
motor adalah motor skuter dan sepeda kotoran. Pelanggan akan beralih ke
pengganti jika kenaikan harga dan membeli pengganti yang lebih murah akan
menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, memberikan fakta bahwa
Harley-Davidson memiliki citra yang kuat dari gaya hidup, produk pengganti
tidak cocok dengan produk Harley-Davidson. Ini akan bergoyang pelanggan
dari membeli pengganti karena hanya tidak sama.
|
C (Tinggi)
|
D (Rendah)
|
memuaskan kebutuhan pelanggan adalah sangat penting ketika
datang ke Harley-Davidson. Harley-Davidson
tumbuh subur di loyalitas pelanggan mereka dan membuat sebagian besar
keuntungan mereka dari saat pengendara Harley-Davidson mereka dengan
menawarkan produk yang lebih baik daripada yang mereka miliki saat ini. Meskipun memiliki loyalitas
pelanggan, harga akan selalu menjadi sedikit dari faktor pabrikan Jepang lain, seperti Honda dan
Suzuki, menawarkan harga yang lebih murah daripada Harley-Davidson. Harley-Davidson telah dibedakan
produk mereka dari lini produk Jepang tapi harga akan selalu menjadi faktor
ketika membeli sepeda motor.
|
|
Komentar
Posting Komentar